Fitria Febriani

PERCAYA, NGGAK? SITUASILAH YANG MEMAKSA EMAK-EMAK JADI MILENIAL

Di era milenial begini, nggak heran kalau banyak emak-emak milenial yang bisa mengalahkan anak-anak muda jaman now. Bahkan, emak yang biasanya di dapur saja tak mau kalah milenial dengan anak jaman sekarang. Situasi yang memaksa mereka untuk berkembang, kalau tidak ya masih di situ-situ aja.

Seperti kejadian beberapa waktu yang lalu. Kakak sepupu saya cerita kalau ibunya—budhe saya—minta untuk dibelikan HP Android. Saya terbahak kala itu, saya ingat betul kalau kakak sepupu saya itu pernah menawarkan Budhe untuk memakai HP Android dulu—tapi Budhe menolak. Alasannya karena tahu sendiri orang tua itu gampang lupanya—mengingat usia Budhe yang sudah menginjak angka lima. “Kenapa tiba-tiba? Dulu kayaknya Budhe nggak mau, deh,” tanya saya masih dengan raut keheranan. Bukannya menjawab, kakak sepupu saya malah cengengesan. “Kata Ibu, ya gimana. Semua temannya pakai WhatsApp,” ujarnya menirukan logat Budhe. Lalu kami tertawa bersama.

Sudah terbukti, ‘kan? Situasi bisa memaksa seseorang untuk berubah, berkembang, dan mengikuti era jaman yang semakin ke sini semakin canggih. Kita sebagai generasi muda jangan mau kalah sama emak-emak. Manfaatkan teknologi untuk maju dan membangun masa depan yang cerah.

Apalagi sekarang sedang gencar-gencarnya orang berjualan lewat online. Hanya bermodal toko online di Instagram atau Facebook saja sudah cukup. Tidak perlu menghabiskan jutaan rupiah untuk membangun toko di pinggir jalan raya.

Kebanyakan pelaku bisnis online adalah emak-emak, lho. Kenapa? Ya karena bisnis online memang yang paling prospek untuk disambi momong anak atau ngurus rumah—plus untuk tambah pemasukan. Lumayanlah, cuma posting-posting di Story WA, IG, atau FB. Tahu-tahu ada orderan masuk. Alhamdulillah rejeki emak sholihah.

Mungkin inilah yang sering disebut, The Power of Kepepet.

Ditulis dan dipublikasikan oleh Fitria Febriani melalui @fifean | 7 hari menulis Kelas Menulis Mojok #1. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *