Wilda Zakiyah

Jam sudah menunjukkan pukul enam sore. Aku mengajak teman Literasi dari Situbondo untuk berburu oleh-oleh khas Jogja sebelum pulang ke rahim Situbondo. Mas Rusli membiarkan kami membawa motornya. “Asal kembalikan lagi, bukan digadaikan untuk ongkos pulang,” ujar Mas Rusli. Berhubung tidak ada yang tahu jalanan Jogja, alhasil kami pakai aplikasi Map. Untung saja bukan pakai ponsel era 90-an.

Sepanjang perjalanan aku terfokus pada map, sedang kawanku menyetir. Ah, aku lupa kalau tidak tahu caranya pakai Map. Tapi gengsi saja yang mau bilang.

Jalanan Kaliurang ditelusuri. Malioboro belum terlihat juga, ditambah bensin sudah mulai menipis.

Kita berputar arah, melupakan sejenak perjalanan ke Malioboro. Mencari SPBU terdekat yang ternyata tak dekat-dekat amat, atau boleh dikata malah tidak dekat. Sama saja. Entah karena ini malam minggu atau karena Jogja memang tidak pernah sepi dari manusia-manusia. Sudah hampir 1 jam-an kita habiskan berputar-putar jalanan Jogja. Melihat banyak hal. Sekalian cuci mata.

Setelah dirasa puas menyusuri lorong beraspal, gengsi itu aku hempaskan. “Mas, adik gak tau pakai Map. Ini gimana caranya?” Tanyaku sok polos sambil nyengir kuda. “Ya ampun, kenapa tidak bilang dari tadi? Kita sudah 1 jam lebih muter-muter,” kesalnya. “Gak apa-ap, Mas, sepedanya Mas Rusli kan sudah diisi bensin, sekalian jalan-jalan cari pengalaman dan cuci mata,” ucapku dengan tampang tanpa dosa. “Ini namanya ngukur jalan, dik.” Dia mulai geregetan.

Temanku yang sama-sama dari Situbondo ini akhirnya memberikan ponselnya. Mengajari cara menggunakan Map. Entah otakku yang memang di bawah standar atau ponselnya yang bermasalah. Kita masih belum sampai juga di Malioboro. Tetap memacu gas sepeda yang tak kunjung sampai tujuan. Payah. Ini benar-benar mengukur jalan, dan itu setidaknya menguntungkan untuk jalan-jalan menikmati Kota Jogja.

Ditulis dan dipublikasikan oleh Wilda Zakiyah di akun Facebook untuk 7 hari menulis Kelas Menulis Mojok #1. | Foto oleh Raisa Premiera (flickr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *